Rabu, 08 Januari 2020

BAB 1 : Arsitektur dan Organisasi Komputer

BAB 1
Arsitektur dan organisasi komputer
A. Pengertian Arsitektur Komputer dan Organisasi Komputer


Hasil gambar untuk Pengertian Arsitektur Komputer dan Organisasi Komputer
   Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dan suatu sistem komputer.



   Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagal ilmu dan sekaligus seni mengenai cara menghubungkan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.



   Arsitektur komputer mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan pemprograman, dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah program.Arsitektur komputer paling tidak mengandung 3 subkategori sebagai berikut : 
a. Set instruksi (ISA) 
b. Arsitektur mikro dari ISA, dan 
c. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.



   Organisasi komputer adalah bagian yang terhubung dengan komponen-komponen pelaksanaan dan interkoneksi antarkomponen penyusun sistem komputer dalam melaksanakan aspek arsitekturalnya. 



   Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Sementara itu, arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan seorang pemprogram.



C. Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer


Hasil gambar untuk Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer
    Arsitektur komputer cenderung berkaitan dengan komponen sistem komputer yang terkait dengan pemprogram dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah program. 



    Sementara itu organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer dan interkoneksi yang merealisasikan penjelasan arsitektural.
Perbedaaan utamanya adalah sebagai berikut :
a. Organisasi komputer: bagian yang terkait erat dengan komponen-komponen operasional.
Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
b. Arsitektur komputer: kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan pemrograman. 
Contoh: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.



    Arsitektur komputer merujuk pada atribut-atribut dari sistem tata terlihat atau, dengan kata lain, atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis dari sebuah program. Arsitektur komputer merujuk pada unit operasional dan interkoneksi mereka yang menyadari spesifikasi arsitektur.



    Sebagai contoh, ini adalah masalah desain arsitektur apakah komputer akan memiliki instruksi multiply. Ini adalah masalah orgnizational apakah instruksi yang akan dilaksanakan oleh unit kalikan khusus atau dengan mekanisme yang menggunakan berulang unit add sistem. 



     Dalam kelas komputer yang disebut mikrokomputer, hubungan antara arsitektur dan organisasi sangat dekat. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi, tetapi juga mengakibatkan pengenalan arsitektur yang lebih kuat dan lebih kompleks.


D. Struktur dan Function



    Sebuah komputer adalah sebuah sistem yang kompleks; komputer kontemporer mengandung jutaan komponen elektronik dasar. Kuncinya adalah untuk mengenali sifat hirarkis sistem yang paling kompleks, termasuk komputer.



    Sifat hirarkis sistem yang kompleks sangat penting untuk kedua desain dan deskripsi mereka. Perancang hanya perlu berurusan dengan tingkat tertentu dari sistem pada suatu waktu. 



    Pada setiap tingkat, desainer yang bersangkutan dengan struktur dan fungsi:
Struktur : cara di mana komponen yang saling terkait
Fungsi : operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur Dalam hal deskripsi, kita memiliki dua pilihan: mulai dari bawah dan membangun untuk keterangan lengkap, atau dimulai dengan pandangan atas dan membusuk sistem kesubparts nya. Bukti dari sejumlah bidang menyarankan bahwa pendekatan topdown adalah jelas dan paling efektif.  



1. Fungsi
Kedua struktur dan fungsi Computerr sebuah, pada dasarnya, sederhana. Secara
umum, hanya ada empat:
- Pengolahan data
- Penyimpanan data
- Gerakan data
- Kontrol
2. Struktur
Komputer berinteraksi dalam somer fashion dengan lingkungan eksternalnya.
Secara umum, semua hubungan terhadap lingkungan eksternal dapat diklasifikasikan
sebagai perangkat periferal atau jalur komunikasi. Kami akan memiliki sesuatu untuk
dikatakan tentang kedua jenis hubungan.
Ada empat komponen struktural utama:
- Satuan pengolahan Tengah (CPU): Mengontrol operasi komputer dan melakukan
fungsi pengolahan data; sering hanya disebut sebagai prosesor
- Memori utama: Data Toko
- I / O: Data bergerak antara komputer dan lingkungan eksternal
- Sistem interkoneksi: Beberapa mekanisme yang menyediakan untuk komunikasi
antara CPU, memori utama, dan I / O
Mungkin ada satu atau lebih dari masing-masing komponen tersebut. Secara
tradisional, telah ada hanya satu CPU. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi
peningkatan penggunaan beberapa prosesor dalam satu komputer. Beberapa isu yang
berkaitan dengan desain prosesor ganda muncul dan dibahas sebagai hasil teks; Bagian
Kelima berfokus pada komputer tersebut.
Masing-masing komponen akan diperiksa secara rinci dalam Bagian Kedua.
Namun, untuk tujuan kita, yang paling menarik dan dalam beberapa hal komponen yang
paling kompleks adalah CPU. Its komponen struktural utama adalah sebagai berikut:
- Unit Control: mengontrol operasi CPU
- Aritmatika dan logika Unit (ALU): Melakukan fungsi pengolahan data komputer
- Register: menyediakan penyimpanan internal ke CPU
- CPU interkoneksi: beberapa mekanisme yang menyediakan untuk komunikasi
antara unit kontrol, ALU, dan register

A. Struktur Dasar Komputer

    Struktur dasar komputer mempelajari tentang bagaimana cara dari tiap komponen saling berkaitan. Fungsi komputer menjelaskan operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.

1. Central Processor Unit (CPU)

Hasil gambar untuk intel core i9
    CPU berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan sebagai pusat kegiatan dan pengolahan. Otak dalam CPU cukup disebut sebagai prosesor.

1) Struktur Utama CPU
a) Program Control Unit, bertugas untuk mengontrol operasi CPU secara
keseluruhan dan mengontrol operasi CPU sehingga terjadi kesamaan kerja
antarkomponen dalam menjalankan fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggungjawab
unit kontrol adalah mengambil instruksi instruksi dari memori utama dan menentukan jenis
instruksi tersebut.
b) Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi pengolahan
data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini mengerjakan instruksiinstruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua
bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika yang masing-masing memiliki penjelasan tugas
tersendiri.
c) Register, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses
pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan
data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
d) CPU Interconnection, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan
komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan busbus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama,
perangkat input/ output.

2. Memori Utama

1) RAM (Random Access Memory)

Hasil gambar untuk tsunami 16 gb
    RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila arus Iistrik mati. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program komputer tidak tersimpan di RAM.
Jenis RAM sangat bervariasi, di antaranya:

a) DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus
diperbarui oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

b) SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum
digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh jam sistem
dan memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.

c) SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak perlu pembaruan oleh
CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik.
RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.

d) RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memori yang lebih cepat dan
lebih mahal dari pada SDRAM.

e) EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan
pada sistem yang menggunakan Pentium.

f) DDR (Double Data Rate) tipe RAM yang menggunakan teknologi double
clock cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya
DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

2) ROM (Read Only Memory) 

Hasil gambar untuk rom

    ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun arus listrik mati. Karena sifatnya yang demikian, maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. 

3. Input/Output

    Input/Output berfungsi memindahkan data dari/ke lingkungan luar atau perangkat lainnya Sistem komputer membutuhkan perantara I/O. 

1) Perangkat Input dan Cara Kerjanya

    Alat input Iangsung adalah alat yang inputnya Iangsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak Iangsung prosesnya melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.



a) Keyboard

Hasil gambar untuk keyboard srgb

Keyboard adalah suatu alat input yang memiliki berbagai macam tombol dengan

setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, fungsi keyboard ini

sendiri sangat tergantung dan tombol-tombolnya. Setiap tombol merepresentasikan

karakter tertentu.

b) Mouse

Hasil gambar untuk razer mouse

 Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan perintah ke dalam komputer dengan cara menggesernya.Pergeseran ini menggerakkan pointer.

c) Scanner

Hasil gambar untuk scanner

 Scanner adalah suatu alat clektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung kita lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer atau disimpan di memori. Hasil ini dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasil akhirnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file teks, dokumen, atau gambar.

d) Mik (Mikrofon)

Hasil gambar untuk mikrofon gaming 

Apabila kamera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mik digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mik tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara. 

e) Pen Input

Hasil gambar untuk wacom intuos drawing

 Pen input adalah jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti pena untuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan para desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer ketimbang menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas/pad sebagai media untuk menulis atau menggambar. 

2) Perangkat Output dan Cara Kerjanya

    Output merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (kertas), softcopy (monitor atau file), ataupun berupa suara (voice). 
    Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung
oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk
proses selanjutnya dari komputer.
a) Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar
pada mediakeras seperti kertas atau film.
b) Soft-copy device, merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan
gambar pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Output bentuk soft-copy
device dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.
c) Monitor

Hasil gambar untuk monitor gaming
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device karena keluarannya berupa sinyal
elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar monitor. 
d) Proyektor 

Hasil gambar untuk proyektor gaming
Komputer Berfungsi untuk menampilkan gambar/visual dan hasil pemrosesan data. Hanya saja, proyektor komputer memerlukan objek lain (layar) sebagai media penerima pancaran sinyal gambar yang dipancarkan. 

B. Fungsi Utama Komputer

    Fungsi utama sistem komputer merupakan operasi dasar dan masing-masing komponen sebagai bagian dan struktur. Pada prinsipnya fungsi utama sistem komputer sangat sederhana. Terdapat empat buah fungsi yang harus beroperasi, antara lain sebagai berikut. 
a. Pengolahan Data
Pengolahan data berfungsi mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu
informasi.Data yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi,
ide, objek, dan lain-laintergantung kebutuhan dan pengguna komputer tersebut.
Proses pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu perangkat lunak.
b. Penyimpan Data
Fungsi komputer sebagai penyimpan data yang juga berarti untuk mengamankan
data sepertidokumen, gambar, video dan lain-lain yang suatu saat nanti data
tersebut akan digunakan kembali untuk diolah. Semua data di dalam komputer
disimpan dalam sebuah hard disk. Hard disk ini sendiri juga memiliki kapasitas
memori yang berbeda-beda.
c. Pemindahan Data
Fungsi komputer sebagai pemindahan data adalah untuk mengirimkan atau
menerima datadari satu komputer ke komputer lainnya agar proses pengolahan
data lebih mudah.
d. Kendali
Fungsi komputer sebagai kendali adalah dikerjakan oleh seseorang dengan
memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan
mengerjakan sesuai dengan perintah-periniah yang telah diinput oleh manusia.
Komputer harus dapat memproses data. Representasi data tersebut bermacammacam, tetapi nantinya harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam
pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanisme penyimpanan data.

A. Konsep Dasar Operasi Komputer
    Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. 

    Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. 

     Kata komputer awalnya dipergunakan untuk perhitungan aritmatika, tetapi kemudian lebih dikenal sebagai pengolah data. 

    Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut tercapai, maka harus ada elemen-eletnen yang mendukungnya. Elemen-elemen dan sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.
a. Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik
terlihat dan dapat dijamah, seperti monitor, keyboard, mouse dan lain-lain.
b. Software (perangkat lunak) adalah program yang berisi penintah-perintah untuk
melakukanpengolahan data, Software terdiri dari:
1) Sistem operasi: DOS, IJnux, Windows, Mac, dan lain-lain
2) Bahasa pemrograman: .Visual Basic, C++, Pascal, Java, Visual C, dan lain-lain
3) Aplikasi: MS Office, Antivirus, Winamp, Mozilla, dan lain-lain
c. Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoprasikan serta mengatur system komputer.

A. Struktur Mesin Von Neumann

Hasil gambar untuk Struktur Mesin Von Neumann
    Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti-ganti,komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur milik Von Neumann,yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann sendiri. Mesin Von Neumann adalah arsitektur komputer yang diciptakan oleh Dr. John von Neumann (1903-1957), seorang ahli matematika kelahiran Budapest Hongaria. Arsitektur ini masih digunakan oleh hampir semua komputer

saat ini dan dengan unit sederhana ini sofware yang rumit seperti program pengolah kata dapat dibuat.

    Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logika (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, ―bus‖.

    Organisasi dan arsitektur komputer mempelajari tentang bagaimana struktur komputer dan fungsi masing-masing pembentuk struktur serta mengetahui berbagai arsitektur perancangan sistem komputer untuk mencapai kinerja yang tinggi.

B. Arsitektur Mesin Van Neumann (1952) 

Hasil gambar untuk Arsitektur Mesin Von Neumann
    Mesin Van Neumann adalah mesin komputer pertama yang bersifat stored program. Arsitektur pada mesin ini mewakili mesin pertama dan digunakan pada komputer sekarang ini.


Lima bagian utama dan arsitektur tersebut yaitu sebagai berikut ;
a. Unit input untuk membaca data dan instruksi yang diberikan.
b. Memori utama terdiri dan 4096 word (satu word memuat 40 bit biner).
c. Arithmetic Logic Unit(ALU) sebagai bagian yang berfungsi unit pemrosesan.
d. Control Unit (CU) sebagai pengendali kerja antara komponen arsirektur.
e. Unit output untuk menampilkan hasil pengolahan data yang di lakukan ALU dan CU.

A. Generasi Pertama

Hasil gambar untuk eniac
a. ENIAC

    ENlAC (Eletronic Numerical Integrator And Computer) dirancang dan dibuat oleh
John Mauchlydan John Presper Eckert pada tahun 1946 di Universitas Pennsylvania.
ENIAC merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. 

    ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 140 KW Kecepatan operasi mencapai 5.000 operasi penjumlahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetikanya dibuat dalam bentuk desimal.

    John Van Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan
ENIAC pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan komputer (Electronic ENIAC
barunya, Discrete dengan bernama Variable rancangan EDVAC Computer) dengan
konsep program tersimpan (stored-program concept) Tahun 1946 komputer
denganstored-program concept dipublikasikasikan, yang kemudian di kenal
dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies). Komputer ini terdiri :
- Memori Utama, untuk menyimpan data maupun instruksi.
- Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner.
- Control Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi – instruksi di dalam memori
sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut.
- I/O, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.

    Memori IAS terdiri atas 1.000 lokasi penyimpanan yang disebut word. Word terdiri atas 40binary digit (bit).

Struktur detail komputer IAS disajikan dalam gambar diatas. Gambar ini
menjelaskan bahwa baik unit kontrol maupun ALU berisi lokasi – lokasi penyimpanan,
yang disebutregister, yaitu :
- Memory Buffer Register (MBR), berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam
memori atau digunakan untuk menerima word dari memori.
- Memory Address Register (MAR), untuk menentukan alamat word di memori untuk
dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR.
- Instruction Register (IR), berisi instruksi 8 bit kode operasi yang akan dieksekusi.
- Instruction Buffer Register (IBR), digunakan untuk penyimpanan sementara instruksi
sebelah kanan word di dalam memori.
- Program Counter (PC), berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan
diambil dari
- Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ), digunakan untuk penyimpanan
sementara operand dan hasil ALU. Misalnya, hasil perkalian 2 buah bilangan 40 bit
adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang paling berarti (most significant bit)
disimpan dalam AC dan 40 bit lainnya (least significant bit) disimpan dalam MQ. IAS
beroperasi secara berulang membentuk siklus instruksi. Komputer IAS memiliki 21
instruksi, yang dapat dikelompokkan seperti berikut ini :
- Data tranfer, memindahkan data di antara memori dengan register – register ALU
atau antara dua register ALU sendiri.
- Unconditional branch, perintah – perintah eksekusi percabangan tanpa syarat
tertentu.
- Conditional branch, perintah – perintah eksekusi percabangan yang memerlukan
syarat tertentu agar dihasilkan suatu nilai dari percabangan tersebut.
- Arithmetic, kumpulan operasi – operasi yang dibentuk oleh ALU.
- Address Modify, instruksi – instruksi yang memungkinkan pengubahan alamat saat
di komputasi sehingga memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program.

b. Komputer Komersial

Hasil gambar untuk komputer komersial
    Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM. Pada tahun 1947,Eckert dan Mauchly mcndinkan Eckerr-Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer secara komersial.


B. Generasi Kedua
a. Transistor (1955 — 1965)

Hasil gambar untuk transistor 1955 — 1965
    Pesatnya teknologi semikonduktor menghasilkan komponen transistor. Hal ini membawa perubahan besar pada dunia komputer. Komputer era ini tidak lagi menggunakan tabung vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung-tabung itu digantikan komponen kecil bernama transistor.

b. IBM 7094

Hasil gambar untuk ibm 7094
    Komputer ini diluncurkan pada tahun 1962. Kemajuan IBM 7094 adalah adanya Instruction Backup Register (IBR) yang berfungsi menyangga instruksi berikutnya, sehingga komputer akan lebih cepat prosesnya.

C. Generasi Ketiga

Hasil gambar untuk komputer generasi ketiga
    Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya integrated circuit(IC) yang merupakan penggabungan komponen-komponen elektronika dalam suatu paket.

D. Generasi Keempat

Hasil gambar untuk komputer generasi keempat gaming
    Era keempat perkembangan generasi komputer ditandai adanya VLSi. Paket VLSI dapat menampung 10.000 komponen Iebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100 juta operasi per detiknya.

    Masa-masa ini diawali peluncuran mikroprosesor Lntel sen 4004. Mikroprosesor 4004 dapat menjumlahkan dua bilangan 4 bit dan hanya dapat mengalikan dengan cara penjumlahan berulang.

    Tahun 1972 diperkenalkan dengan mikroprosesor 8008 yang merupakan mikroprosesor 8 bit. Mikroprosesor ini Iebih kompleks instruksinya tetapi lebih cepat prosesnya dan pendahulunya. Kemudian Bells dan HP menciptakan mikroprosesor 32 bit pada 1981, sedangkan Intel baru mengeluarkan tahun 1985 dengan mikroprosesor 80386.

E. Komputer Generasi Kelima

Hasil gambar untuk komputer generasi kelima
    Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipergunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intergration).

    Jepang adalah negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima. Suatu lembaga untuk pengembangan teknologi komputer telah didirikan di Tokyo, yaitu ICOT (Institute for New Computer Technology). Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, penghematan energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.

F. Komputer Masa Depan 

Hasil gambar untuk komputer masa depan
    Beberapa ilmuwan komputer yakin, suatu ketika akan tercipta suatu komponen yang akan disebut dengan nama biochip, yang terbuat dari bahan protein sintesis.


Untuk selebihnya bisa tonton video di bawah ini....

Artikel Terkait

BAB 1 : Arsitektur dan Organisasi Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email


EmoticonEmoticon